Twitter
RSS

DISK DRIVE FLOPPY TIDAK MEMBACA DIREKTORI DISK BARU SAAT MENGGANTI DISK

Hidup emang penuh dengan aturan.Bagaimana kupu2 raja bermigrasi ribuan mil ke sbuah tempat yang tidak pernah mereka datangi sebelumnya? Mengapa toast selalu diletakkan dengan sisi yang bermentega di bawah?
Bagaimana sebuah disk drive floppy bisa mebedakan disk yang satu dengan yang lain?
komputer merekam status pergantian ini, menggunakan sebuah sinyal yang disebut change line. Jika komputer mendeteksi bahwa disk telah dicabut dan dimasukkan kembali, komputer membaca kembali direktori itu seandainya disk berbeda dari yang semula dicabut.

Jika switch rusak atau sinyalnya tidak bisa masuk ke komputer,komputer tidak akan tahu bahwa disk telah diganti.

CARA MEMPERBAIKI

1.Matikan komputer anda dan buka casingnya.
2.Cabut dan pasang kembali kabel pita dari disk drive floppy dan kontrolernya atau port motherboard.
pastikan pasang kembali ke posisi yang sama.
3.Hidupkan komputer, biarkan bootinng dan ujilah disk drive floppy. Jika bekerja , selesailah masalahnya. Jika tidak, matikan sistem dan teruskan ke langkah berikutnya.
4. Periksa kabel pita dengan cermat mungkin ada sayatan atau patahan atau lipatan tajam. ini bisa menjadi petanda ada head yang putus. Klu ada kabel lain yang anda tau bekerja baiknya coba tukarkan.
5. Hidupkan komputer , biarkan booting dan ujilah drive disk ploppy. Jika bekerja selesailah sudah dan jika belom menuju langkah berikutnya.
6. Jika kabel pita memiliki dua konektor yang pas dengan disk drive ploppy anda. Pasang drive ke konektor lain.
7. Hidupkan komputer , biarkan booting dan ujilah drive disk ploppy. Jika bekerja selesailah sudah dan jika belom menuju langkah berikutnya
8.Tukarkan disk drive floppy ke ffloppy yang masih bekerja dengan baik, sebelom anda melepaskan kabelnya.
9.jika masalahnya drive, yang biasanya begitu, drive berarti biang keroknya. Jika masalahnya pada komputer , dan anda bisa memastikan bukan kabel sebagai penyebabnya.
maka penebabnya mungkin kontroler disk drive floppy, yang mungkin telah diintegrasikan ke dalam sistem motherboard.
10.Jika drive tidak berfungsi, switch mikro dalam drive mungkin rusak atau mungkin ada masalah dengan koneksi listriknya. Anda bisa memperbaiki atau membelinya.
11. Jika masalahnya ada pada kontroler disk drive floppy , anda perlu membeli kontroler baru.
jika kontroler yang ada diaktifkan pada motherboard, matikan.
12.Untuk mematikan kontroler disk drive floppy yang terintegrasi pada motherboard, hidupkan pc dan masuk ke utility konfigurasi CMOS.
13। Stelah anda menjalankan utility setup ini, cailah setting untuk kontroler disk drive floppy terintegrasi dan matikan. Kemudian tutup utility ini.

Diambil dari buku TROUBLESHOOTING YOUR PC
penerbit:M. David stone & Alfred Poor

Comments (0)

Post a Comment